EFEKTIFITAS KEBIJAKAN PROGRAM PENDIDIKAN DI KABUPATEN LAMONGAN DALAM MENDUKUNG PROGRAM GURU PENGGERAK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SISWA DI KABUPATEN LAMONGAN

Penulis

  • Muhammad Chusnul Khitam UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN
  • Fahmi Anas
  • Mukhlis Sulaiman

Kata Kunci:

Kebijakan Pendidikan, Program Guru Penggerak, Kualitas Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan pendidikan di Kabupaten Lamongan dalam mendukung Program Guru Penggerak untuk meningkatkan kualitas siswa. Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memperkuat peran guru sebagai agen perubahan dalam pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam kepada Kepala Dinas Pendidikan, pejabat terkait, kepala sekolah, dan guru yang terlibat dalam program ini. Data sekunder juga diperoleh melalui dokumen resmi dan literatur pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas program mencakup dukungan kebijakan, kesiapan dan kapasitas guru, infrastruktur dan sumber daya, dukungan lingkungan sekolah, keterlibatan stakeholder eksternal, serta kesiapan dan respons siswa. Program ini memiliki dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa, meskipun dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan fasilitas, beban administratif guru, dan kurangnya dukungan dari masyarakat. Oleh karena itu, strategi peningkatan pelatihan berkelanjutan bagi guru, peningkatan fasilitas, serta penguatan kolaborasi antara pemangku kepentingan diperlukan untuk meningkatkan efektivitas implementasi program. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan kebijakan pendidikan berbasis data yang dapat memperkuat keberlanjutan dan kualitas pendidikan di Kabupaten Lamongan.

Diterbitkan

2025-06-13