KAJIAN OPTIMALISASI PROGRAM YAKIN SEMUA SEJAHTERA KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2023

Penulis

  • eko satryo hermawan universitas negeri surabaya
  • anifatus zahro BAPPELITBANGDA LAMONGAN

Kata Kunci:

lamongan, yes, sejahtera

Abstrak

Survei Kepuasan Masyarakat ini diharapkan dapat mengetahui informasi pengguna layanan yang terdiri dari 3 hal, yakni: (1) Profil pengguna layanan; (2) Persepsi pengguna layanan, dan; (3) Keluhan, saran perbaikan serta aspirasi pengguna layanan.Survei Kepuasan Masyarakat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Mengacu Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Amanat peraturan tersebut menyebutkan Negara memiliki kewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik. Untuk itu berbagai terobosan dan perbaikan telah dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik baik itu instansi pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.Oleh karena itu, dalam hal ini perlu untuk mengetahui sejauh mana dampak yang dihasilkan dari perbaikan tersebut melalui pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat pada aspek program unggulan daerah. Pedoman ini menggantikan pedoman sebelumnya dalam Permenpan RB No. 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Peraturan ini dimaksudkan untuk memberikan arahan dan pedoman yang jelas dan tegas bagi penyelenggara pelayanan publik. Dalam Permenpan ini disebutkan bahwa SKM ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Dengan sasaran: (1) Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan; (2) Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik; (3) Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik; dan (4) Mengukur kecenderungan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Kajian Optimalisasi Program YSS (Yakin Semua Sejahtera) Kabupaten Lamongan 2023 dilakukan dengan mengacu pada peraturan terbaru dengan memperhatikan ketelitian dan ketaatan metodologis sesuai konteks daerah kabupaten Lamongan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-03