PENELITIAN CITY BRANDING KABUPATEN LAMONGAN

Penulis

  • Novri Susan UNIVERSITAS AIRLANGGA

Kata Kunci:

City branding, identitas kabupaten lamongan

Abstrak

Lamongan merupakan salah satu daerah yang
memiliki kepentingan dalam program city branding.
Lamongan memiliki latar belakang belakang historis,
lingkungan alam, posisi geografis, tradisi sosial kebudayaan, dan perekonomian yang unik dibanding dengan kota-kota lain. Secara historis politik, Lamongan
tidak pernah menjadi markas atau pusat pemerintahan kolonial Belanda. Fakta historis ini memberikan
nilai unik pada Lamongan dan masyarakatnya. Kabupaten Lamongan memiliki 27 Kecamatan dengan kombinasi karakter populasi petani, nelayan, perdagangan dan industri. Masyarakat bersifat dinamis
damai,tidak terjadi konflik kekerasan, dan tingkat
keamanan yang baik. Selain itu, politik pemerintahan
telah mendapat apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat serta lembaga-lembaga independen
juga member keidentitasan positif.
Berbagai potensi dan prestasi Kabupaten Lamongan perlu mendapatkan penanganan city branding
agar memberi dampak konstruktif baik terhadap
pemerintahan dan masyarakat. Namun demikian
strategi branding harus berdasar pada data aktual
tentang perkembangan Kabupaten Lamongan secara
sosial, ekonomi, kebudayaan dan politik pemerintahan. Praktik city branding bukan saja berkaitan dengan slogan atau tagline, namun lebih dalam dari itu
bagaimana kualitas dan potensi Kabupaten Lamongan bisa dipasarkan secara optimal melalui strategi
city branding. 

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-27