KAPABILITAS PEMASARAN DAN KINERJA PEMASARAN UMKM RUMAH MAKAN DI LAMONGAN
Kata Kunci:
Kapabilitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran, UMKMAbstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam pembangunan perekonomian nasional
terutama dalam penyerapan tenaga kerja. Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap keberlangsungan UMKM.
Berdasarkan survei yang dilakukan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (2020), sebanyak 75% pelaku
usaha kecil mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan. Beberapa pelaku usaha seperti rumah makan,
makanan kemasan dan oleh-oleh di Kabupaten Lamongan telah mengalami kebankrutan, namun beberapa pelaku
usaha masih bertahan dengan memanfaatkan berbagai strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh kapabilitas harga, kapabilitas produk, kapabilitas distribusi, dan kapabilitas promosi terhadap
kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kabupaten Lamongan yang berjumlah
130.006 unit yang bergerak di unit usaha kuliner (rumah makan) dengan sampel sebanyak 100 UMKM. Analisis data
menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kapabilitas pemasaran dapat
meningkatkan kinerja pemasaran. UMKM yang berorientasi pada kapabilitas harga, kapabilitas produk, kapabilitas
distribusi, dan kapabilitas promosi berkontribusi pada kinerja pemasaran dengan menciptakan pangsa pasar yang lebih
besar daripada kompetitor, meningkatkan volume penjualan, profitabilitas, dan pelanggan baru.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 ika purwanti, Elliv Hidayatul Lailiyah, Umar Yeni Suyanto
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.